Bandingkan Daftar

Tips Beli Rumah Murah di Pameran Properti

Kini rumah telah masuk ranah keperluan tiap orang. Kehadirannya selalu dicari-cari, khususnya oleh pasangan suami istri yang barusan membina rumah tangga. Ya, property jenis rumah masuk ke investasi periode panjang yang nilainya condong naik setiap tahunnya. Tunda membeli untuk beberapa lama seumpama setahun saja telah berlainan harga.

Banyak karena mengapa harga rumah naik tiap tahunnya. Dimulai dari Nilai Jual Object Pajak (NJOP) yang naik, inflasi, sampai jumlah keinginan. Sayang, peningkatan rerata harga rumah tidak sesuai dengan peningkatan rerata penghasilan.

Peningkatan rerata harga rumah lebih tinggi dibanding peningkatan rerata penghasilan. Keadaan yang tragis memang. Tetapi, tidak boleh berkecil hati menyaksikan realitas itu. Masihlah ada langkah untuk mempunyai rumah pada harga yang terjangkau.

Berbicara masalah rumah, apakah sudah Anda berkunjung pameran property tahun ini? Ya, Bank Tabungan Negara (BTN) melangsungkan acara pameran property bertema Indonesia Properti Expo (IPEX) 2017, berjalan dari 11-19 Februari 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Pada acara pameran property itu, BTN mendatangkan 700 project property. Untuk Anda yang merencanakan beli rumah dan cari rumah murah, acara pameran property memberi peluang baik dan memberikan keuntungan. Yuk, simak tips cermat membeli rumah murah dari pameran properti berikut ini.

1. Cari Rumah Subsidi Terlebih Dahulu

Kenapa rumah bantuan? Karena harga tambah murah dari harga rumah di pasar. Kenapa dapat semakin murah? Karena rumah bantuan sebagai program pengadaan rumah yang sejumlah besar dananya dijamin Pemerintahan. Untuk yang ini, Anda harus selekasnya mendapatinya. Kehadiran rumah bantuan terbatas, tapi permohonannya banyak.

Berkenaan harga, Anda akan mendapati pengembang property (developer) di Indonesia Properti Expo (IPEX) 2017 yang jual rumah bantuan diawali pada harga Rp123 juta. Bahkan juga, ada yang tawarkan angsuran dimulai dari Rp1,9 juta /bulan untuk rumah type 30/60 (30 m² untuk luas bangunan dan 60 m² untuk luas tanah) dan 30/70 (30 m² untuk luas bangunan dan 70 m² untuk luas tanah).

Bisa dipikirkan begitu jumlahnya pengunjung yang semangat dengan penawaran itu. Karenanya, cepat-cepatlah mengambil keputusan. Minimum Anda memberi reservasi fee sebagai awalan. Karena tunda pembelian waktu itu akan hilangkan kesempatan Anda untuk memilikinya.

2. Cari Penawaran Bunga Rendah

Di Indonesia Properti Expo (IPEX) 2017, BTN menempatkan bunga KPR dimulai dari 4,67% dan uang muka/down payment (DP) sejumlah 5%. Bunga itu berlaku sepanjang setahun angsuran KPR. Tentu saja bunga 4,67% lebih rendah dibanding bunga KPR di pasar. Sementara DP-nya lebih rendah dari standard DP yang berjalan, yakni 10-15%.

Bunga yang rendah itu jadikan angsuran KPR yang Diambil lebih irit dibanding bila Anda ambil KPR dengan bunga yang berjalan di pasar.

Harus dipahami bunga KPR beralih-alih bergantung pada Suku Bunga Landasan Credit (SBDK) yang berjalan. Penetapan SBDK dihitung menurut penilaian bank pada resiko-risiko debitur. Tetapi, bunga KPR belum pasti sama dengan SBDK. Saat sebelum ambil KPR rumah, sebaiknya Anda mencari lebih dulu bunga KPR tiap bank yang ada.

Dari data BI 2016, rerata Suku Bunga Landasan Credit (SBDK) ada pada angka seputar 10%. Tetapi, bukan bermakna tidak ada yang tawarkan lebih rendah. Di Perhatikan.com Anda dapat mendapati bunga yang diawali pada 8,5-8,99%. Perhitungannya diuraikan selengkapnya. Belum juga Anda akan dipermudahkan dalam hitung KPR dengan kalkulator KPR yang disiapkan Perhatikan.com. Ingin tahu? Coba saat ini.

3. Cari Diskon Properti

Sangat sedikit pengembang property yang memberi potongan harga. Langkah termudah untuk nikmati jumlahnya potongan harga pembelian rumah dengan bertandang ke pameran property.

Di Indonesia Properti Expo (IPEX) 2017, untuk yang ajukan KPR memiliki hak memperoleh potongan harga sampai 50% untuk ongkos administrasi dan provisi. Ditambahkan potongan harga sampai 20% untuk premi asuransi jiwa.

Selain itu, ada potongan harga yang lain yang termasuk unik. Menggamit GO-BOX sebagai partner kerja sama, BTN janjikan potongan harga 50% ongkos pindahan untuk yang beli rumah di Indonesia Properti Expo (IPEX) 2017. Anda juga yang beli rumah waktu itu pun tidak pakai repot kembali pada cari kendaraan untuk pindahan.

4. Pertimbangkan Lokasi dan Akses Transportasi

Suatu kebetulan yang memberikan keuntungan jika rumah yang ditawarkan di Indonesia Properti Expo (IPEX) 2017 dekat sama tempat kerja Anda. Posisi dan akses transportasi jadi poin utama untuk Anda dalam beli rumah tempat tinggal.

Janganlah sampai pemburuan Anda pada rumah murah tidak ada untungnya sama sekalipun. Karena biaya transportasi menjadi tambah karena posisi rumah yang dibeli meskipun murah jauh dari tempat kerja, dan waktu terbuang sia-sia karena jaraknya yang jauh ditambahkan aksesnya melalui jalur-jalur riskan macet.

Karena itu, perhatikan posisi rumah yang ingin Anda membeli. Banyak posisi yang rerata masih juga dalam cakupan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sebagai posisi rumah yang dipasarkan dalam Indonesia Properti Expo (IPEX) 2017.

Tanya ke orang pemasaran, jarak rumah dengan akses transportasi seperti jalan raya dan stasiun kereta supaya Anda memperoleh tempat tinggal nyaman dengan posisi dan akses transportasi yang bagus.

5. Masuk dalam Daftar Pembeli Pertama

Diskon, uang muka atau down payment (DP) yang kecil, atau hadiah seumpama sepeda motor atau air conditioner (AC) jadi hak punya seandainya Anda masuk ke daftar konsumen pertama. Referensi konsumen pertama tidak sama untuk setiap developer perumahan.

Ada yang mensyarakatkan 5 (lima) konsumen pertama, ada juga yang mensyarakatkan 10 (sepuluh). Langsung daftarkan diri sebagai konsumen pertama dan beri reservasi fee demikian Anda dan pasangan percaya dengan rumah yang diputuskan dan developer-nya.

Untuk proses mengajukan KPR di Bank BTN, persyaratan intinya untuk yang ajukan perlu berumur optimal 45 tahun. Lantas siapkan kartu identitas (KTP) dan info sumber penghasilan. Ditambah lagi lengkapi persyaratan yang disodorkan developer perumahan.

Pos terkait

Wajib Tahu! Ini 5 Penyebab Mengapa KPR Anda Ditolak

Membeli rumah secara credit atau yang dikenali dengan istilah KPR (Credit Kepemilikan Rumah)...

Lanjutkan membaca
administrator
oleh administrator

Tips Mudah untuk Berinvestasi Properti bagi Pemula

Masa muda adalah periode berusaha untuk raih harapan, diantaranya property baik itu berbentuk...

Lanjutkan membaca
administrator
oleh administrator

Tips Menabung untuk Beli Rumah Bagi Suami Istri, Bisa Pakai 4 Cara Ini

Ada sejumlah tips menabung untuk membeli rumah yang dapat dilaksanakan oleh suami istri, triknya...

Lanjutkan membaca
administrator
oleh administrator