Bandingkan Daftar

6 Tips Membeli Rumah Bekas

Membeli rumah sisa memang menjadi alternative penuhi keperluan tempat tinggal. Sesungguhnya beli rumah sisa lebih untung, karena harga rumah sisa lebih dapat dijangkau dan akan terlepas dari pajak bertambahnya nilai (PPN). Beberapa panduan berikut dapat Anda aplikasikan saat sebelum beli rumah sisa.Berikut 6 tips membeli rumah bekas :

1. Membeli rumah bekas tanpa perantara atau langsung pada pemiliknya

Membeli rumah sisa langsung pada pemiliknya lebih dianjurkan. Karena Anda dapat bertanya langsung mengenai bermacam hal terkait dengan rumah, seperti awalnya dibuat, lingkungan disekelilingnya, argumen ingin dipasarkan dan lain-lain.

Keuntungan lain Anda bebas lakukan perundingan, hingga harga rumah sisa dapat Anda peroleh tambah murah. Anda dapat semakin maksimal dalam lakukan tawar-menawar. Penjual juga tidak tahan harga, karena ia tak perlu bayar komisi mediator.

2. Memilih perantara atau broker yang benar

Bila Anda terlanjur jatuh hati pada suatu rumah dan harus membeli lewat broker atau mediator, karena itu yakinkan broker itu dapat dipercayai. Anda dapat menanyakan ke rekanan mengenai broker yang paling dipercaya.

Juga bisa menggunakan layanan mediator property yang telah populer dan memiliki integritas tinggi. Mereka umumnya akan memberi servis untuk mengurusikan document jual-beli. Kadang menolong dalam pengurusan KPR jika Anda ingin lakukan transaksi bisnis secara credit.

3. Mengetahui usia bangunan rumah

Usia bangunan rumah akan memengaruhi harga rumah sisa yang akan Anda membeli. Jika kurang dari 10 tahun termasuk baru, umur 10 sampai 20 tahun termasuk sedang dan umur bangunan lebih dari 20 tahun terhitung bangunan tua.

Jika rumah itu pernah diperbaiki, Anda dapat tanya kapan paling akhir rumah itu diperbaiki. Bermacam hal yang lain harus Anda kenali ialah kualitas bahan, type susunan dan kualitas penyelesaiannya. Rumah yang makin tua tentu saja kwalitasnya akan makin turun, jika Anda tertarik karena itu Anda pun harus mempersiapkan dana tambahan buat perbaikan.

4. Mencermati lingkungan di sekitar rumah

Lingkungan benar-benar perlu diingat, hingga Anda berasa aman serta nyaman saat tinggal di dalam rumah itu. Akses jalan bisa juga diperhitungkan, jika Anda memerlukan jalan yang luas karena memiliki mobil pasti luas jalan menjadi alasan.

5. Kelengkapan legalitas

Anda harus menyimak sertifikat rumah atau SHM, sertifikat IMB, bukti pembayaran pajak PBB dan lain-lain. Yakinkan nama yang tercantum sama bernama yang akan jual rumah itu. Jika tidak harus selekasnya meminta balik nama atau surat jual-beli dengan pemilik awalnya. Tingkatan ini penting, karena tersangkut hukum pemilikan. Janganlah sampai ada konflik di masa datang.

6. Mengecek harga pasaran rumah

Untuk pertimbangan Anda saat sebelum beli rumah sisa, Anda dapat memeriksa berapakah harga pasaran di satu wilayah. Hingga Anda punyai dasar dalam tawar-menawar.

Pos terkait

Wajib Tahu! Ini 5 Penyebab Mengapa KPR Anda Ditolak

Membeli rumah secara credit atau yang dikenali dengan istilah KPR (Credit Kepemilikan Rumah)...

Lanjutkan membaca
administrator
oleh administrator

Tips Mudah untuk Berinvestasi Properti bagi Pemula

Masa muda adalah periode berusaha untuk raih harapan, diantaranya property baik itu berbentuk...

Lanjutkan membaca
administrator
oleh administrator

Tips Menabung untuk Beli Rumah Bagi Suami Istri, Bisa Pakai 4 Cara Ini

Ada sejumlah tips menabung untuk membeli rumah yang dapat dilaksanakan oleh suami istri, triknya...

Lanjutkan membaca
administrator
oleh administrator